English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Dewasa ini, perkembangan peredaran narkoba sudah kian menjadi-jadi. Peredaran barang haram tersebut sekarang ini tidak hanya di tempat hiburan, diskotik, lingkungan tempat tinggal saja. Namun peredarannya sudah merambah di sekolah-sekolah, kampus-kampus, dan bahkan sampai ke pondok pesantren. Hal ini memang sangat memprihatinkan karena peredaran narkoba memang sangat sekali untuk dibendung.

Maka dari itu kita harus berusaha memberikan pembinaan bagi masyarakat supaya menjauhi narkoba. Dengan memberikan pengertian-pengertian akan bahayanya mengkonsumsi narkoba bagi kesehatan tubuh. Selain itu juga ada kiat-kiat untuk menjauhi barang haram tersebut. Apa saja kiat-kiat tersebut ????



  • Cara menghindari narkoba, pertama-tama kita harus memiliki kesadaran bahwa narkotika tidak baik untuk dipakai atau dikonsumsi. Dampak buruk narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba) telah dirasakan negeri ini sejak beberapa tahun lalu, namun hingga kini permasalahan narkoba masih menjadi momok bagi bangsa kita. Di sisi lain, terdapat beberapa komunitas yang menganggap aktivitas penyalahgunaan narkoba adalah sebuah gaya hidup. Kalangan artis misalnya, beberapa mengaku telah sekian lama mengkonsumsi barang haram itu
  • Kita harus menyadari bahwa narkoba banyak mudaratnya. Hal ini sepatutnya menjadi perhatian semua kalangan, apalagi saat ini narkoba telah mencengkeram banyak kalangan, bukan hanya kamu muda saja bahkan hingga orang-orang tua. Beberapa pecandu pun mengaku awalnya hanya coba-coba, karena sebagian temannya telah mencoba. Namun kemudian ketagihan dan selanjutnya menjadi junkies (pecandu narkoba). Jika diawali dengan coba-coba, artinya mereka hanya ikut-ikutan, hal ini dilatarbelakangi faktor gaya hidup. Sehingga agar diterima di lingkungan itu, mereka nekat mencobanarkoba. Pada akhirnya seseorang akan menghalalkan segala cara demi mendapatkan serbuk putih itu.
  • Perbanyak aktivitas yang bermanfaat seperti Olah Raga, karena dengan olah raga akan dapat menghilangkan pikiran yang kosong, yang berakibat banyak melamun sehingga pikiran jadi linglung dan bisa saja dia berpikiran untuk mengkonsumsi narkoba. Dengan banyak berolah raga kita akan terhindar dari narkoba, selain itu badan juga akan menjadi sehat.
  • Usahakan bergaul dengan orang yang baik-baik, karena dengan bergaul bersama orang baik maka kita akan terhindar dari pengaruh narkoba
  • Perbanyak Ibadah, dan yang paling utama yaitu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Misalnya, sebagai seorang muslim dengan menjalankan shalat 5 waktu. Melaksanakan segala sesuatu yang menjadi kewajiban umat beragama serta menghindari segala laranganNya adalah cara paling jitu, dengan meminta pertolongan Allah SWT insya Allah dapat memberikan cahayaNya menunjukkan ke arah yang benar untuk kita berjalan.

Setidaknya 5 point diatas akan dapat membendung atau membentengi diri kita dan masyarakat dari Narkoba. Karena narkoba memang barang haram yang sangat menyesatkan, karena dimana-mana narkoba akan selalu membawa petaka bagi para pemakainya.


Sumber : http://sal3ho.myflexiland.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Pengunjung/Pembaca yang Baik
-Tidak akan keberatan untuk Menekan tombol SHARE dan Menekan tombol G+.
-Men-copy paste Artikel dengan Menyisipkan Sumber dan Referensinya.
-Meninggalkan Komentar/Kritik atau Saran yang SOPAN dan SANTUN.
-Menghargai Admin dan Pengunjung lainnya.

TerimaKasih.